Butuh Bantuan? Customer Service Rendang Asese Padang by PT. Asal Seiya Sekata siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cara Meracik Rendang yang Enak

Cara Meracik Rendang yang Enak

Ditulis pada: 21 March 2015 | Kategori:

3Setelah rendang masuk salah daftar CNN sebagai salah satu makanan yang paling digemari, masakan asal Minangkabau ini menjadi ikon kuliner Indonesia. Popularitas rendang tetapi tidak dibarengi dengan keahlian banyak rumah meracik rendang yang sedap.

Senihayati Ginting, pengusaha bumbu racik siap pakai Rumah Rudang, memberikan tips dan trik membuat rendang padang. Pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan daging yang akan dibuat rendang. Pilih daging bagian paha. Jangan daging khas bagian dalam, karena akan hancur jika dimasak untuk rendang.

Setelah memilih daging yang benar, pilih pula bumbu yang benar. Untuk kelapa yang digunakan, ia menyarankan memilih kelapa yang sedang, tidak tua dan tidak muda. Untuk mengetahuinya, tekan kelapa dan pilih yang sudah keras namun warnanya cokelat muda.

Jumlah kelapa yang digunakan tergantung dari jumlah cabai yang dipakai untuk bumbu. Untuk satu kilogram daging dengan rasa pedas sedang, gunakan cabai 100 gram dan dua kelapa. Sedangkan untuk rasa pedas, cabainya 250 gram dengan empat kelapa. “Membuat rendang harus berani cabai dan santan,” ujarnya.

Dalam proses memasak rendang Senihayati menyarankan memakai api sedang agar bumbu yang sudah dihaluskan tidak hangus. Jangan masak dengan api besar.

Ia menyarankan jika daging yang dimasak di atas dua kilogram, sebaiknya bumbu dimasak bersama santan. Tujuannya agar langsung mendapatkan panas dan minyak yang keluar dari santan. Namun, jika daging yang dimasak di bawah dua kilogram, bumbu cukup ditumis saja. “Santan dimasukkan belakangan,” ujarnya.

Kapan daging harus dimasukkan? Senihayati menjawab, ketika bumbu sudah harum, masukkan daging ke dalam wajan. Jangan lupa tambahkan air dan tutup wajan.

Jangan pula terlalu sering mengaduk saat memasak rendang. Sebab, santan akan mudah pecah. Aduk saja sesekali agar tidak gosong bagian bawahnya. Jangan juga mengaduk sesukanya. Lakukan dengan cara mengeruknya dari dalam.

Lalu masak daging sampai empuk. “Lama memasak rendang itu empat sampai enam jam. Jika ingin rendang basah, cukup dengan api kecil, jika rendang kering, gunakan api besar,” ungkapnya.

Lima menit sebelum diangkat, sebaiknya cicipi rendang. Jika ada yang kurang rasanya, silakan ditambahkan. Dan setelah cocok rasanya, angkat rendang. “Jika rendang yang ibu buat belum mencapai rasa. Tidak ada salahnya mengulang kembali.”

Cara Meracik Rendang yang Enak | PT. Asal Seiya Sekata

Tags: CaraMeracikRendang

1 Komentar untuk Cara Meracik Rendang yang Enak

  • Linux VPS says:

    Untuk menambah keempukan daging rendang yang kita buat usahakan daging yang sudah dipotong sebaiknya dipukul atau digeprek terlebih dahulu baru kemudian di ungkep

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New Article

Pelatihan Internal Karyawan ASESE

20140128_140835 Ditulis pada: 22 March 2016

  Pelatihan internal karyawan rendang Asese yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2014 Mengenai kondisi internal dan eksternal terhadap globalisasi dan perdagangan bebas AFTA, ACFTA, MAE sehingga menimbulkan persaingan yang ketat sehingga daya saing UKM menjadi sangat penting karena tanpa adanya... Baca selengkapnya »

Sejarah dan Perkembangan PT. Asal Seiya Sekata (ASESE)

IMG20180122135859 Ditulis pada: 9 February 2016

        01.1     Profil Perusahaan Nama  Perusahaan                   :  PT. Asal Seiya Sekata Alamat                                           :  Jl. Thamrin... Baca selengkapnya »

Cara Meracik Rendang yang Enak

3 Ditulis pada: 21 March 2015

Setelah memilih daging yang benar, pilih pula bumbu yang benar. Untuk kelapa yang digunakan, ia menyarankan memilih kelapa yang sedang, tidak tua dan tidak muda. Untuk mengetahuinya, tekan kelapa dan pilih yang sudah keras namun warnanya cokelat muda.

Rendang Simbol Indonesia

pict Ditulis pada: 21 March 2015

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menyatakan rendang masakan khas dari Ranah Minang dapat menjadi simbol kuliner Indonesia karena telah menjadi makanan yang terkenal dan diakui di mancanegara. “Rendang sudah menjadi makanan terkenal di Indonesia dan bahkan internasional, jadi kalau... Baca selengkapnya »

Rendang Salah Satu Makanan Terenak di Dunia

5430705_A1 Ditulis pada: 21 March 2015

Indonesia pantas berbangga memiliki kuliner spesifik rendang sebagai makanan terlezat dunia nomor satu, mengalahkan makanan top seperti ayam kentucky dari Amerika Serikat, Pizza dan Spaghetti (Italia) ataupun sushi (Jepang). Berdasarkan jajak pendapat laman CNNGo milik stasiun berita CNN, rendang mengalahkan... Baca selengkapnya »

PENGUMUMAN Toko tutup mulai tanggal 5 Juni 2019 – 7 Juni 2019 Terimakasih